Halaman

Sabtu, 01 Desember 2012

PEMUDA DAN SOSIALISASI



INTERNALISASI DAN SPESIALISASI
ORIENTASI MENDUA
Orientasi mendua merupakan keadaan dimana seseorang memiliki keinginan tersendiri akibat pengaruh lingkungan dan keinginan tersebut bertentangan dengan orientasi dari orang tuanya. 
PERAN MEDIA MASSA
Masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. Dalam masa ini para remaja bersamaan menggebu-gebu mencari identitas dirinya masing-masing terutama dalam hal informasi. Peran media massa sangat penting dalam hal ini, namun harus dengan bimbingan dari orang tua agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif yang ditimbulkan dari peran media massa.
PEMUDA DAN IDENTITAS
Pemuda merupakan generasi masa depan yang terbebani akan macam-macam harapan yang diharapkan dari generas-generasu lainnya. Dalam masanya, pemuda haruslah diberikan banyak sosialisasi-sosialisasi positif agar pemuda tersebut memiliki bekal kedepannya menjadi manusia yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara.


- Pembinaan dan pengembangan generasi muda
Ladasan-landasan pembinaan dan pengembangan generasi muda yang ada dalam masyarakat indonesia terdiri atas :
Landasan idiil : pancasila
Landasan konstitusional : undang-undang dasar 1945
Landasan strategis : garis-garis besar haluan negara
Landasan hitoris : sumpah pemuda tahun 1928 dan proklamasi kemerdekaan indonesia tahun 1945.
Landasan normatif : etika, tata nilai dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat.

- pengertian potensi generasi muda
Permasalahan-permasalahan yang dialami generasi muda saat ini :
Turunnya sifat patriotisme, nasionalisme, dan idealisme pada generasi muda sekarang.
Sifat tidak yakin seorang pemuda akan masa depannya.
Fasilitas pendidikan yang formal dan non formal untuk para pemuda kurang memadai.
Kurangnya lapangan kerja serta kesempatan kerja yang diberikan untuk generasi muda sehingga meningkatkan banyaknya pengangguran di usia muda.
Meningkatnya kenakalan-kenakalan remaja seperti tawuran antar sekolah dan penyalahgunaan narkotika.
Dalam memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada para pemuda, hendaknya para pemuda diberikan solusi-soludi positif yang terarah atau mengajak pemuda dengan mengikuti organisasi-organisasi yang bersifat mengajak pemuda ke arah yang lebih baik untuk masa depannya.

- Potensi-potensi  generasi muda / pemuda
Potensi-potensi yang harus dikembangkan kepada para pemuda :
Idealisme dan daya kritis
Dinamika dan kreatifitas
Keberanian mengambil resiko
Optimis dan kegairahan semangat
Sikap dan disiplin murni
Terdidik
Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
Patiotisme dan nasionalisme
Sikap kesatria
Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi
Sosialisasi merupakan proses seorang individu untuk lebih belajar akan penyesuaian diri, bagaimana ia harus bertindak dan berpikir agar seorang individu dapat berguna bagi yang lain. Melalui proses sosialisasi yang baik akan tercipta motivasi agar individu mengetahui bagaimana cara ia berpikir yang baik. Dibawah ini terdapat tujuan-tujuan pokok dari sosialisasi :
Pemuda diberikan pengetahuan yang kelak berguna bagi masa depannya.
Pemuda akan mampu berkomunikasi dengan efektif dan mampu mengembangkan kemampuannya.
Pemuda akan lebih mawas diri.
Pemuda akan bertingkah laku sesuai norma dan tata istiadat yang berlaku.

PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
- Mengembangkan potensi generasi muda
Generasi muda dapat mengembangkan potensinya dengan cara membuat suatu pemikiran yang kritis dan membuat kreatifitas yang berguna bagi orang lain. Dengan pembinaan dan perhatian khusus agar dapat terwujud potensi positif dari seorang pemuda tersebut.
- Pendidikan dan perguruan tinggi
Pendidikan merupakan aspek terpenting untuk kemajuan seorang individu. Karena pendidikan lebih mengarah ke arah positif agar mejandikan manusia yang berpendidikan dan pola pikir yang kritis dan wawasan yang luas. Pendidikan merupakan sektor yang mampu berkembang pesat setiap tahunnya. Saat ini jumlah para remaja melonjak tinggi dalam hal pendidikan formal . Oleh sebab itu, semakin menurunnya pendidikan non formal sehingga membuat pemuda menjadi kurang terampil apabila pendidikan tersebut tidak dilaksanakan secara balance.
Dalam pendidikan, permasalahan biaya adalah permasalahan yang tidak mudah diatasi. Semakin tahun, tingkat biaya pendidikan semakin tinggi. Demokratisasi horizontal maupun vertikal pendidikan adalah masalah-masalah sehari-hari yang  harus diatasi oleh pemerintah demi terwujudnya bibit yang baik dari mutu pendidikan.
Adapun beberapa alasan yang mengharuskan bahwa seorang remaja harus menepuh pendidikan hingga perguruan tinggi :
* Pertama, dengan mereka mendapatkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi mereka akan mendapatkan wawasan yang luas akan masyarakatnya, dikarenakan mereka memiliki pemikiran yang kritis dan peneletian secara langsung tentang permasalahan masyarakat.
* Kedua, sebagai kelompok mahasiswa yang paling lama duduk dibangku sekolah, mereka akan mendapatkan sosialisasi terncana untuk kehidupan kedepannya.
* Ketiga, mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis daerah akan menyatu dan membuat mereka semakin menegrti akan kebudayaan Indonesia.
* Keempat, mahasiswa akan menjadi kelompok lapisan paling atas untuk susunan kekuasaan dan dengan sendirinya mahasiswa akan terlihat lebih elit akan pendidikannya dibandingkan dengan generasi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer