Halaman

Senin, 03 Desember 2012

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT



A. PELAPISAN SOSIAL
Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial merupakan pembedaan dalam bermasyarakat menurut kelas-kelas atau strata masing-masing.  Pelapisan sosial merupakan gejala yang universal dan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun seseorang tersebut berada dalam kehidupan sosial. Contoh yang paling umum dalam pelapisan sosial adalah dalam hal keturunan atau pekerjaan. Biasanya apabila seseorang berketurunan konglomerat, ia memiliki tingkatan teratas dalam struktur pelapisan sosial tersebut dan biasanya pada tingkatan ini, seorang tersebut harus dihormati oleh semua kalangan.


Tabel Stratifikasi sosial


B. KESAMAAN DERAJAT
Kesamaan derajat merupakan sifat yang menghubungkan antara manusia dengan lingkungannya atau sejenis hubungan timbal balik. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa manusia dan pemerintah memiliki hak dan kewajiban yang sama meskipun strata sosialnya berbeda.

Pelapisan sosial dan kesamaan derajat memiliki keterkaitan hubungan yang satu sama lain. Dalam hal ini pelapisan sosial merupakan pembedaan kelas-kelas dalam bermasyarakat dan kesamaan derajat merupakan tingkat kesamaan seseorang dalam memiliki hak dan kewajibannya. Kesamaan derajat amat sangat dibutuhkan dalam kehidupan bersosial agar tidak terjadi pelapisan sosial yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer