Halaman

Senin, 03 Desember 2012

MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN



MASYARAKAT PERKOTAAN
Masyarakat perkotaan biasa disebut dengan urban community. Karena hampir sebagain besar masyarakat perkotaan adalah peralihan atau perpindahan dari masyarakat pedesaan yang berurbanisasi ke kota. Pada umumnya masyarakat perkotaan lebih mengutamakan sifat kemandirian atau individual untuk mengurus dirinya sendiri.  Perubahan sosial juga tampak banyak terjadi pada kehidupan dikota-kota besar akibat pengaruh dari luar.


MASYARAKAT PEDESAAN
Masyarakat pedesaan merupakan masyarakat yang biasanya ditandai dengan ciri khas sifat ‘tolong – mrnolong’ dan ‘gotong-royong’. Pada umumnya masyarakat pedesaan bisanya memiliki hubungan yang erat dan mendalam antar warga desa satu dan yang lainnya. Sistem kehidupan masyarakat pedesaan lebih kepada sistem berkelompok dengan dasar kekeluargaan.

PERBEDAAN MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN
perbedaan yang paling menonjol pada masyarakat perkotaan dan pedesaan adalah dari segi aspek kultural adat istiadat dan keagamaan. Pada masyarakat pedesaan, kultural adat istiadat dan keagamaan masih sangat kental dirasakan oleh setiap wilayah pedesaan, seperti contoh masyarakat pedesaan masih menjunjung tinggi nilai-nilai keutuhan dari adat istiadat dan keagamaan. Namun hal ini hampir tidak tampak pada masyarakat perkotaan. Saat ini mungkin sudah jarang kita temui masyarakat perkotaan yang masih menjaga nilai keutuhan kultural adat istiadat dan kegamaan. Hal ini disebabkan karena pengaruh-pengaruh yang ditimbulkan akan gaya hidup dari luar.

HUBUNGAN DESA-KOTA, HUBUNGAN MASYARAKAT PEDESAAN – PERKOTAAN
Desa dan kota sudah sewajarnya memiliki keterkaitan hubungan satu sama lainnya. Mengapa demikian ? contoh masyarakat kota membutuhkan sumber makanan pokok seperti sayur mayur, daging, beras, dan beberapa hasil pertanian atau peternakan yang berasal dari desa. Begitupun sebaliknya, masyarakat desa yang mencari pekerjaan dikota atau menjual sebagianhasil pertanian dan peternakannya ke kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer