Halaman

Rabu, 15 April 2015

7 VERSI ASLI MENYERAMKAN DARI DONGENG PENGANTAR TIDUR


Sejak kecil kita mendengar dongeng-dongeng indah seperti Cinderella, Putri Salju dan sebagainya. Kita selalu  beranggapan bahwa sebagai cerita anak-anak pasti memiliki alur cerita yang berakhir “Bahagia”. Namun pada kenyataannya salah besar. Dalam artikel ini terdapat 7 versi asli dari kisah-kisah itu yang dikumpulkan oleh Grimm Bersaudara pada abad ke-19 yang ternyata memiliki jalan cerita  sangat mengerikan. Kebanyakan dari cerita itu sebenarnya adalah cerita horor yang dibumbui dengan mutilasi, kanibalisme, hingga pelecehan seksual. Berikut ini adalah versi asli 7 dongeng yang selama ini kamu kira indah, namun ternyata brutal dan sangat mengerikan.


1.   Cinderella
Versi asli cerita Cinderella ini ternyata mengandung unsur mutilasi dan penyiksaan. Pada cerita aslinya, Cinderella merupakan wanita cantik dan baik hati namun memiliki ibu tiri dan kedua saudara tiri yang memperlakukannya seperti budak. Suatu hari setelah adanya pesta di istana seorang pangeran, sang pangeran mencari-cari gadis yang ukuran kakinya pas dengan sepatu emas (bukan sepatu kaca) yang ditinggalkan Cinderella.  Sang ibu tiri kemudian memotong ibu jari kaki anak pertamanya agar mampu menggunakan sepatu tersebut. Namun sang pangeran mengetahuinya karena darah keluar dan mengalir di kakinya. Kemudian ibu tiri juga memotong tumit anak keduanya agar dapat mencoba sepatu tersebut. Namun usahanya sia-sia, karena sang pangeran mengetahuinya. Pada saat pernikahan Cinderella, seekor merpati mematuk kedua mata saudari tiri Cinderella hingga buta. Cinderella pada versi asli juga bukan sosok pemaaf, sebab ia membiarkan ibu tiri dan dua saudari tirinya menjadi pengemis yang buta.

2.   Hansel and Gretel
Siapapun yang mendengar cerita Hansel dan Gretel pasti mengetahui sisi kanibalistik dari kisah dongeng ini. Dalam dongeng ini, diceritakan sang penyihir menggemukkan Hansel dan Gretel untuk dimakan. Kisah moral cerita ini sebenarnya agar anak-anak kecil tidak mudah percaya dengan orang asing.

3.   Little Red Riding Hood (Si Kerudung Merah)
Versi asli cerita dongeng ini ternyata sangat mengerikan. Diceritakan setelah membunuh sang nenek,sang serigala menghidangkan daging sang nenek untuk dimakan oleh si Kerudung Merah. Secara tidak langsung, Serigala menjadikannya kanibal. Selain itu serigala yang menyamar menjadi sang nenek  kemudian meminta si Kerudung Merah untuk menanggalkan semua bajunya dan melemparkannya ke perapian. Serigala kemudian menidurinya sebelum akhirnya memakan gadis kecil tersebut.

4.   Rapunzel(Tangled)
Kisah Rapunzel diadaptasi oleh Disney menjadi “Tangled” yang disuarakan oleh Mandy Moore. Dalam cerita ini dikisahkan bahwa Rapunzel memiliki rambut yang sangat panjang karena terkena kutukan dan harus tinggal diatas menara. Suatu hari seorang pangeran menyelamatkan Rapunzel dengan memotong rambutnya agar kutukan tersebut hilang dan Rapunzel bisa keluar dari menara. Namun pada versi aslinya bahwa sebelum dinikahi sang pangeran, Rapunzel sebenarnya  sudah dihamili oleh sang pangeran yang selalu datang tiap malam ke menaranya.

5.   Sleeping Beauty(Putri Tidur)
Dalam dongeng ini dikisahkan seorang putri tertidur ketika tertusuk sebuah jarum jahit. Seorang pangeran kemudian datang dan menciumnya. Kemudian sang putripun terbangun. Namun dalam versi aslinya, sang pangeran sebenarnya memperkosa sang putri saat ia tertidur, bahkan hingga sang putri hamil dan melahirkan dalam kondisi tertidur pula. Sang bayi yang baru dilahirkannya kelaparan dan menghisap jari ibunya hingga jarum itu terlepas dan sang putri pun terbangun.

6.   Serigala dan Tiga Ekor Babi
Dongeng ini bercerita tentang  tiga ekor babi yang membangun rumah dari jerami dan batu bata. Rumah dari jerami ditiup sang serigala sedangkan rumah dari batu bata tetap kokoh. Dalam cerita yang biasa kita dengar, kedua babi yang lain bersembunyi di rumah babi yang paling cerdik. Namun dalam versi aslinya, kedua babi yang membangun rumah dari jerami dimakan hidup-hidup oleh serigala. Kemudian serigala yang tak bisa mengakali rumah babi yang cerdik memutuskan masuk dari atas cerobong asap, dimana dibawahnya si babi yang selamat memasang tungku dan kemudian memasak hidup-hidup si serigala. Ia kemudian memakan daging sang serigala dan secara tak langsung menjadi kanibal juga karena dalam perut si serigala masih terdapat daging  kedua saudaranya.

7.   Snow White and Seven Dwarfs(Putri Salju dan Tujuh Kurcaci)

Dikisahkan sang ratu yang hendak membunuh Putri Salju agar tidak ada yang mampu bersaing dengan kecantikan sang Ratu. Sang pemburu yang ditugaskan membunuh Putri Salju tak tega dan memberikan hati binatang liar pada sang Ratu sebagai bukti bahwa Putri Salju telah mati. Namun sang Ratu mengetahui bahwa Putri Salju masih hidup dan melakukan rencana lain dengan memberikan apel beracun. Setelah Putri Salju tertidur karena diberikan apel beracun, dalam versi aslinya Putri Salju  terbangun bukan karena dicium oleh sang pangeran yang mencintainya.  Namun sang Pangeran membawa tubuh Putri Salju ke istananya. Dalam perjalanan, kuda yang membawa tubuh Putri Salju tersandung sehingga apel beracun yang menyangkut di kerongkongan Putri Salju terlempar keluar dan iapun bangun kembali. Pada akhirnya Putri Salju yang pada versi aslinya bukan merupakan gadis yang baik, membalas dendam dan memerintahkan Ratu yang berusaha membunuhnya untuk menari dalam sepatu besi yang dipanaskan hingga mati.

2 komentar:

Large Rainbow Pointer