Halaman

Minggu, 27 April 2014

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI

1. Definisi dan Dasar Keputusan

Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi yang dianggap sebagai pilihan terakhir dari sebuah permasalahan. Keputusan ini dapat dilakukan dengan berupa tindakan atau opini. Untuk itu keputusan dapat dirasakan rasional atau irrasional dan dapat berdasarkan asumsi kuat atau asumsi lemah. keputusan adalah suatu ketetapan yang diambil oleh organ yang berwenang berdasarkan kewenangan yang ada padanya.


Dasar-Dasar Keputusan menurut George R.Terry dan Brinckloe yaitu:

1. Intusi
Pengambilan keputusan yang didasarkan atas intuisi atau perasaan memiliki sifat subjektif sehingga mudah terkena pengaruh.

2.  Pengalaman
Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman memiliki manfaat bagi pengetahuan praktis, karena pengalaman seseorang dapat memperkirakan keadaan sesuatu, dapat diperhitungkan untung ruginya terhadap keputusan yang akan dihasilkan.

3. Fakta
Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dapat memberikan keputusan yang sehat, solid dan baik.

4. Wewenang
Pengambilan keputusan berdasarkan wewenang biasanya dilakukan oleh pimpinan terhadap bawahannya atau orang yang lebih tinggi kedudukannya kepada orang yang lebih rendah kedudukannya.

5. Logika




Pengambilan keputusan yang berdasarkan logika ialah suatu studi yang rasional terhadap semuan unsur pada setiap sisi dalam proses pengambilan keputusan.

2. Jenis Jenis Keputusan Organisasi 


1. Keputusan Rutin
Adalah keputusan yang sifatnya rutin dan berulang – ulang serta biasanya dikembangkan untuk mengendalikannya.

2. Keputusan Tidak Rutin


Adalah keputusan yang diabil pada saat-saat khusus dan bersifat tidak rutin.

3.  Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Dibawah ini terdapat beberapa factor yang mempengaruhi pengambilan keputusan, diantaranya :


  • Adanya pengaruh tekanan dari luar.
  • Adanya pengaruh kebiasaan lama.
  • Adanya pengaruh sifat-sifat pribadi.
  • Adanya pengaruh dari kelompok luar dan lingkungan social.
  • Adanya pengaruh keadaan masa lampau.



4. Implikasi Manajerial



Implikasi manajerial pada pengambilan keputusan dalam organisasi biasanya terjadi dalam parsipatif organisasi sekolah. Kurangnya kemampuan kepala sekolah akan sangat berpengaruh pada perolehan yang dukungan yang didapat dari masyarakat yang berkecimpung di dalam warga sekolah seperti staff guru, murid, dan para wali murid yang ikut andil dalam pengambilan keputusan yang dikeluarkan dari sekolah terkait tentang kebijakan program pengembangan sekolah.


Sumber :
http://erlanggaba.blogspot.com/2013/05/implikasi-manajerial-dalam-pengambilan.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer