1.Pengertian
dan Karakteristik Kelompok
Kelompok adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan
bersama yang berinteraksi satu sama lain, mengenal satu sama lain dan memandang
bahwa diri mereka merupakan salah satu bagian dari kelompok tersebut. Contoh
kelompok dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali dari mulai kelompok besar
seperti organisasi dan kelompok terkecil sekalipun yaitu keluarga.
Selain itu terdapat juga beberapa karakteristik yang
ada dalam sebuah kelompok, diantaranya :
1.Terdiri dari 2 orang atau lebih.
2.Adanya Interaksi yang terus menerus.
3.Adanya pengembangan identitas kelompok.
4.Adanya norma-norma kelompok.
5.Adanya diferensiasi peran.
6.Peran yang saling tergantung.
7. Produktivitas bertambah atau meningkat.
8. Saling membagi tujuan yang sama.
2. Tahapan Pembentukan
Kelompok
Pembentukan kelompok biasanya terjadi karena adanya
pendekatan dan kesamaan akan persepsi dala memnuhi kebutuhan. Proses atau
tahapan pembentukan kelompok diantaranya sebagai berikut :
a.Persepsi
Biasanya di dalam sebuah kelompok terdapat satu atau
lebih orang yang memiliki kemampuan intelektual yang baik, sehingga diharapkan
bahwa orang tersebut mampu menginduksi anggota yang lainnya.
b. Motivasi
Perbedaan yang ada dalam setiap kelompok biasanya
menjadi pemicu kompetisi internal yang sehat sehingga anggota lain dapat
memberikan pengetahuan agar bisa emotivasi diri untuk maju.
c. Tujuan
Terbentuknya kelompok karena memiliki tujuan untuk
dapat menyelesaikan tugas-tugas kelompok atau individu.
d. Organisasi
Pengoorganisasian dilakukan untuk mempermudah
koordinasi dan kegiatan di dalam kelompok.
e. Kebebasan
Ini merupakan hal yang paling terpenting di dalam
pembentukan sebuah kelompok. Sehingga setiap orang didalam kelompoknya mampu
mengeluarkan inspirasi atau argument berupa ide selama kegiatan untuk memajukan
kelompoknya.
f. Interaksi
Interaksi merupakan syarat utama dalam sebuah
kelompok. Karena dengan interaksi kegiatan keseluruhan dalam kelompok tersebut
dapat terjadi.
3. Kekuatan
Teamwork
Teamwork merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh
beberapa asosiasi dengan masing masing melakukan bagian tetapi semua
men-sub-koordinasik keunggulan pribasi untuk efisiensi keseluruhan. Dalam teamwork juga dibutuhkan kendali emosi
dan ego agar tidak terjadi perselisihan terhadap satu sama lain. Manfaat-manfaat
teamwork diantaranya :
-Sebagai pemecah masalah.
- Dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih cepat.
- Persaingan yang sehat.
- Mengembangkan hubungan.
- Setiap orang memiliki kualitas yang unik.
4. Implikasi
Manajerial
Implikasi manajerial dalam hal pembentukan kelompok
sangat terlihat pada pembentukkan
teamwork di suatu perusahaan. Perusahaan dapat mengefektifkan dan
mengefesienkan proses operasional usaha mereka melalui teamwork. Pemimpin
perusahaan juga dapat lebih mudah mengontrol tenaga kerjanya dan dapat
memberikan apresiasi sesuai dengan hasil pencapaiannya yang baik secara umum
melalui teamwork ataupun secara khusus melaluli anggotanya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar