Halaman

Sabtu, 18 Mei 2013

PERBEDAAN BUDAYA LOKAL DENGAN BUDAYA LUAR


   Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan. Kebudayaan tersebut dimulai dari beradab atau bertingkah laku, hingga adat istiadatnya. Dibandingkan  dengan negara-negara lain, Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat khas dan unik. Pada postingan ini saya akan membahas contoh perbedaan kebudayaan yang dimiliki antara negara Indonesia dengan China.


Kebudayaan Indonesia
   Di Indonesia terdapat banyak kebudayaan-kebudayaan terutama dalam hal kerohanian. Setiap warga negara di Indonesia memiliki hak berupa kebebasan untuk menganut agama yang dipercayai oleh satu sama lainnya. Selain itu, uniknya kebudayaan Indonesia adalah setiap provinsi diseluruh wilayah Indonesia memiliki rumah adat, pakaian adat, lagu daerah, dan tarian daerah dimasing-masing daerah. Kebudayaan ini merupakan kebudayaan yang langka, karena tidak semua negara memiliki budaya yang unik seperti di Indonesia.
Kebudayaan Indonesia dalam hal beradab dan bertingkah laku adalah “Senyum dan Sapa”. Warga Indonesia dikenal sebagai pribadi yang ramah terhadap siapapun. Ini dilakukan untuk memperat tali silahturahmi kepada sesama manusia. Karena dengan senyum dan sapa juga dapat bermanfaat bagi kita sendiri dan menambah keakraban dengan orang-orang disekitar kita. Selain itu kebudayaan gotong royong di Indonesia juga menjadi kebudayaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Kebudayaan merupakan kebudayaan turun-menurun yang masih dilestarikan sampai sekarang terutama didaerah pedesaan Indonesia. Warganya masih saling bergotong royong untuk melakukan sebuah pekerjaan agar pekerjaan tersebut bisa terasa lebih ringan jika dikerjakan dengan bersama-sama.

Kebudayaan China
   Kebudayaan China identik dengan tanggapan bahwa adanya sebuah roh dunia. Menurut warga di China, dunia ada karena adanya berbagai roh yang merupakan dewa-dewi penguasa dunia. Oleh sebab itu mereka selalu beranggapan bahwa kebudayaan yang mereka miliki adalah kebudayaan tertinggi di dunia. Pada umumnya mereka memiliki angan-anagan China adalah sebagai pusat budaya yang paling beradab di dunia. Sehingga secara cultural, mereka enggan untuk bergaul dengan dunia luar kecuali dalam urusan perdagangan. Namun watak kebudayaan yang paling tercermin pada Republik Rakyat China ini adalah sebagai watak pekerja keras, rajin dan ulet. Hal tersebut yang menyebabkan bahwa China menjadi negara Maju diantara negara-negara lainnya.

   Dari kedua contoh diatas dapat disimpulkan bahwa kebudayaan lokan dan kebudayaan asing memiliki perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam hal beradab atau bertingkah laku. Kebudayaan tersebut menjadikan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing negara. Sebagai warga Indonesia sebaiknya kita merasa bangga karena banyaknya keunikan kebudayaan yang dimiliki Indonesia dan kebudayaan tersebut harus terus dilestarikan agar tidak terjadi kepunahan kebudayaan. Karena kebudayaan setiap negara merupakan identitas yang memiliki arti sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer