Halaman

Minggu, 21 Desember 2014

Contoh Paragraf Eksposisi dan Persuasif



MENCEGAH DEMAM BERDARAH DENGAN 3M

PARAGRAF EKSPOSISI

Saat ini sudah memasuki musim penghujan. Pasti akan banyak sekali jenis penyakit yang dengan mudah berkembang dan menyebar di masyarakat. Salah satu penyakit yang paling berbahaya adalah Demam Berdarah yang disebarkan oleh nyamuk Aides Aigepty. Cara yang mudah untuk mencegah penyakit ini adalah dengan metode 3M. Yang pertama adalah menguras bak mandi agar tidak dijadikan tempat berkembangbiaknya nyamuk. Yang kedua adalah mengubur sampah-sampah yang
dapat membuat genangan air, contoh : ban bekas, kaleng bekas, ember-ember bekas, dan plastic bekas. Yang terakhir adalah menutup tempat air penampungan. Dengan melaksanakan 3M maka penyebaran demam berdarah dapat berkurang.

PARAGRAF PERSUASIF

Saat ini sudah memasuki musim penghujan. Segala jenis penyakit pasti akan mudah berkembang dan menyebar disekitar lingkungan yang kita tempati. Penyakit yang paling berbahaya di musim penghujan ini adalah Demam Berdarah. Mengapa bisa terjadi? Karena demam berdarah ini biasanya disebarkan oleh nyamuk Aides Aigepty. Bagaimana kita dapat mencegah penyakit tersebut ? Mudah sekali. Hal yang paling sederhana dapat kita lakukan adalah dengan menerapkan metode 3M. Menguras, kita dapat menguras bak mandi agar tidak dijadikan tempat berkembangbiaknya nyamuk karena nyamuk lebih suka berkembangbiak ditempat yang lembab dan basah. Kemudian mengubur, kita dapat mengubur sampah-sampah yang sekiranya dapat membuat genangan air. Yang terakhir adalah menutup, kita dapat menutup tempat penampungan air atau menutup ember  yang berisi air apabila kita tidak menggunakan air tersebut. Marilah kita laksanakan 3M agar penyebaran demam berdarah dapat berkurang, karena dengan melaksanakan 3M kita dapat membiasakan hidup sehat dan bersih dimulai dari lingkungan sendiri.

1 komentar:

  1. thankyouu so muchh ka:(((, sumpah ngebantu banget buat tugas akhir sma

    BalasHapus

Large Rainbow Pointer