Halaman

Sabtu, 12 April 2014

BEKERJA SAMA DALAM TEAM (KELOMPOK)



1.Pengertian dan Karakteristik Kelompok
Kelompok adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain, mengenal satu sama lain dan memandang bahwa diri mereka merupakan salah satu bagian dari kelompok tersebut. Contoh kelompok dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali dari mulai kelompok besar seperti organisasi dan kelompok terkecil sekalipun yaitu keluarga.

Menurut Joseph S. Roucek suatu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggotanya atau orang lain secara keseluruhan.
Selain itu terdapat juga beberapa karakteristik yang ada dalam sebuah kelompok, diantaranya :
1.Terdiri dari 2 orang atau lebih.
2.Adanya Interaksi yang terus menerus.
3.Adanya pengembangan identitas kelompok.
4.Adanya norma-norma kelompok.
5.Adanya diferensiasi peran.
6.Peran yang saling tergantung.
7. Produktivitas bertambah atau meningkat.
8. Saling membagi tujuan yang sama.

2. Tahapan Pembentukan Kelompok
Pembentukan kelompok biasanya terjadi karena adanya pendekatan dan kesamaan akan persepsi dala memnuhi kebutuhan. Proses atau tahapan pembentukan kelompok diantaranya sebagai berikut :
a.Persepsi
Biasanya di dalam sebuah kelompok terdapat satu atau lebih orang yang memiliki kemampuan intelektual yang baik, sehingga diharapkan bahwa orang tersebut mampu menginduksi anggota yang lainnya.
b. Motivasi
Perbedaan yang ada dalam setiap kelompok biasanya menjadi pemicu kompetisi internal yang sehat sehingga anggota lain dapat memberikan pengetahuan agar bisa emotivasi diri untuk maju.
c. Tujuan
Terbentuknya kelompok karena memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas kelompok atau individu.
d. Organisasi
Pengoorganisasian dilakukan untuk mempermudah koordinasi dan kegiatan di dalam kelompok.
e. Kebebasan
Ini merupakan hal yang paling terpenting di dalam pembentukan sebuah kelompok. Sehingga setiap orang didalam kelompoknya mampu mengeluarkan inspirasi atau argument berupa ide selama kegiatan untuk memajukan kelompoknya.
f. Interaksi
Interaksi merupakan syarat utama dalam sebuah kelompok. Karena dengan interaksi kegiatan keseluruhan dalam kelompok tersebut dapat terjadi.

3. Kekuatan Teamwork
Teamwork merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa asosiasi dengan masing masing melakukan bagian tetapi semua men-sub-koordinasik keunggulan pribasi untuk efisiensi keseluruhan.  Dalam teamwork juga dibutuhkan kendali emosi dan ego agar tidak terjadi perselisihan terhadap satu sama lain. Manfaat-manfaat teamwork diantaranya :
-Sebagai pemecah masalah.
- Dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih cepat.
- Persaingan yang sehat.
- Mengembangkan hubungan.
- Setiap orang memiliki kualitas yang unik.

4. Implikasi Manajerial
Implikasi manajerial dalam hal pembentukan kelompok sangat terlihat  pada pembentukkan teamwork di suatu perusahaan. Perusahaan dapat mengefektifkan dan mengefesienkan proses operasional usaha mereka melalui teamwork. Pemimpin perusahaan juga dapat lebih mudah mengontrol tenaga kerjanya dan dapat memberikan apresiasi sesuai dengan hasil pencapaiannya yang baik secara umum melalui teamwork ataupun secara khusus melaluli anggotanya.






Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer