Halaman

Senin, 17 November 2014

Tujuan Perkuliahan Bahasa Indonesia

Materi Perkuliahan Bahasa Indonesia :

1.      Fungsi Bahasa.
2.      Ragam Bahasa.
3.      Ejaan.
4.      Diksi.
5.      Kalimat Efektif.
6.      Alinea.
7.      Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah.
8.      Kerangka Karangan.
9.      Kutipan dan Daftar Pustaka.


Apakah tujuan perkuliahan bisa dicapai dengan menguasai 9 materi tersebut?
Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa menjadi hal penting yang tak pernah dilewatkan dalam komunikasi maupun pembelajaran atau edukasi. Setiap Negara bahkan daerah di belahan dunia ini memiliki bahasanya masing-masing. Mulai dari Bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional di dunia, kemudian Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, dan lain sebagainya.

Pengertian Bahasa juga beragam, diantaranya Bahasa merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau alat untuk berinteraksi, menyampaikan pikiran, gagasan, konsep, dan perasaan.


Didalam edukasi perkuliahan Bahasa Indonesia yang benar berkaitan dengan aspek kaidah, yaitu peraturan bahasa. Didalam peraturan bahasa terdapat empat hal yang harus diperhatikan dalam penerapannya, yaitu masalah ragam bahasa yang digunakan dalam berinteraksi, pilihan kata yang digunakan, tanda baca, dan ejaan. Didalam Bahasa Indonesia juga terdapat beberapa unsur yang tidak boleh diabaikan yaitu unsur umur, pendidikan, agama, status social, lingkungan social, dan sudut pandang. Misalnya contoh dari unsur pendidikan, penggunaan bahasa untuk lingkungan perkuliahan dengan lingkungan sekolah tidak dapat disamakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Large Rainbow Pointer